Terima kasih kunjunganya di Blog ini, Mari bersama bertumbuh dan semakin dewasa dalam Tuhan Yesus - GBU,..." "

19 Desember 2008

Nyanyian Kemenangan

Kisah Rasul 16:19-33

Pembacaan Alkitab terambil dari kisah Paulus dan Silas yang karena Injil mereka ada di dalam penjara, pernahkah anda karena perbuatan kebajikan justru dirugikan? atau karena jalan lurus dan perbuatan jujur lalu kena malapetaka? atau anda ikut Kristus dan tinggalkan kepercayaan yang lama lalu kena vonis berat dari keluarga?... Pernahkah karena pelayanan yang tulus justru dapat penghinaan?...
Saya katakan, bersyukurlah anda karena itu merupakan satu poin kemuliaan yang anda dapat dan jangan mundur justru karena anda benar dan sekalipun menerima upah yang tidak diharapkan.

Bersyukurlah kepadaNya karena anda sedang dibawa kepada dunia perkenanan Tuhan "Amin !", namun biarlah kita juga belajar untuk bergerak dalam nyanyian kemenangan.

Dalam pembacaan Alkitab " jangan taruh harapan pada penghasilan" jika kita bernyanyi karena penghasilan kita maka nyanyian kita akan timbul tenggelam. Saat penghasilan besar maka anda bersukacita tapi sebaliknya penghasilan menurun anda akan marah !. Orang yang berharap kepada uang akan kecewa, tetapi orang yang berharap akan Tuhan pasti hidupnya terpelihara. Penghasilan bukanlah motor kemenangan tapi justru pengharapan pada kesetiaan Tuhanlah yang membawa anda dalam kemenangan syukuri saja apa yang ada saat ini, entah besar atau kecil serta berkata kepada diri sendiri bahwa penghasilanku sudah diatur oleh Tuhan dan hidupku dijamin oleh Tuhan apabila aku patuhi firmanNya.

Jangan minta pembelaan penguasa dunia ; kalau kita bernyanyi karena punya becking orang gedean, nyanyian kita bukan nyanyian kemenangan. Orang gedean membela anda itu baik, tapi jika anda mengandalkan mereka maka jerat kutuk bisa datang kepada anda. FirmanNya berkata, andalkanlah Tuhan, berharaplah kepada Tuhan, anda akan merambat dan akan terus menerus berbuah. Yer.17:8. Saat ini adalah saatnya kita minta pembelaan Tuhan yang dahsyat itu bertindak menghadapi segala apa yang terjadi. Sekalipun cenderung tergoda untuk marah, sedih kecewa atau perasaan tak puas itu bangkit, namun ingatlah Tuhan yang mau ambil alih persoalan anda.

Jangan membesar-besarkan masalah yang terjadi, kalau kita menyanyikan masalah besar dengan perasaan kita, nyanyian kita itu bukan nyanyian kemenangan. Masalah yang ada jika di hadapi dengan benar harusnya tidak ada masalah, tapi masalah ada pada anda yang berpikir bahwa itu masalah! Segala cobaan itu lazim adanya, tidak melebihi kekuatan anda dan selalu akan ada jalan keluarnya 1 Kor.10:13 jadi, Tuhan mengajarkan agar jangan memperbesar yang ada. Walau Goliath di depan kita, jangan berkata ini masalah besar! Tapi, berkatalah ini menjadikan seluruh bumi tahu bahwa ada Tuhan Yesus di dalam hidupku! Kalau dapur api menanti di depan anda, jangan berkata "celaka aku !", tapi berkatalah bahwa Allahku sanggup melepaskan aku daripadanya! Amin?

Jangan mengatakan dusta dan kebohongan ; Kalau kita menyanyikan kebohongan, tidak ada kebenarannya maka itu bukanlah nyanyian kemenangan! Seberapa sering anda bernyanyi sekedarnya? Seberapa sering anda bernyanyi tanpa ada mau tahu kalimat apa yang sedang anda lantunkan? dan seberapa sering anda bernyanyi asal keluar dari mulut anda? yang secara iman anda sedang berbohong dengan apa yang anda nyanyikan, yang bernyanyi Tuhan itu luar biasa baiknya namun tanpa ekspresi dan pengertian?!. Belum lagi anda 'bernyanyi' susahnya jadi orang Kristen, 'bernyanyi' kelicikan dan kejahatan orang lain kepada anda. Bukankah seharusnya anda melihat kalau orang itu tidak tahu apa yang diperbuatnya? Nyanyikanlah nyanyian kemenangan! yang tulus dan jujur apa yang keluar dari hati mengalir melalui mulut ini bagi Dia, niscaya ada kemenangannya .

Jangan lihat luka dan pasung kita yang kuat ; Kalau kita menyanyikan luka serta belenggu kita, maka itu bukanlah nyanyian kemenangan, melainkan keterikatan! jangan melihat apa yang anda lihat sekarang ini, tapi justru anda perlu tahu bahwa nyanyian kemenangan selalu berdasarkan apa yang dilihat oleh batin atau roh seseorang. Paulus melihat Kristus yang mengalahkan maut! Raja Yosafat bersorak melihat Allah Israel memegang kendali peperangan. Eliza melihat bala tentara malaikat dengan kedahsyatannya menyertai dia! Musa melihat tangan Tuhan membalikkan air laut menimpa tentara Mesir dan Yonathan melihat kedahsyatan Tuhan menggentarkan perkemahan Filistin. Apa yang anda lihat? apa uang yang menipis, kesehatan yang menurun atau hubungan yang makin rusak dalam rumah tangga?, Lihat Tuhan! Dia Pembelamu, Dia Gunung batumu, Dia Penjagamu yang tidak pernah terlelap dan siap membela serta menolongmu!

Jangan berhenti menyanyi karena sesuatu telah terjadi ; Kalau kita menyanyikan mukjizat yang terjadi bagi diri sendiri, maka bersiaplah untuk nyanyian kemenangan yang seutuhnya. Banyak orang berhenti setelah sesuatu terjadi di dalam hidupnya, padahal Tuhan mau supaya nyanyian itu dilanjutkan supaya orang yang berputus asa dan ketakutan boleh berjumpa dengan Tuhan Yesus bahkan sampai seisi rumah-tangganya diselamatkan.
Nyanyian kemenangan dapat anda kumandangkan benar-benar sedang merontokkan belenggu dan menyembuhkan luka-luka hati dan tubuh anda bila anda keluarkan itu dari dalam ketulusan roh anda dengan iman yang teguh melihat Dia Sang Pembela dan berpengharapan akan janjiNya, serta meyakini kuasaNya yang dahsyat.
Saya berdoa, di dalam Nama Tuhan Yesus, terangkatlah roh anda, bangkitlah dan turunlah kekuatan Tuhan atasmu. Nyaringlah suaramu dengan pembelaan Tuhan yang maha dahsyat itu menerobos segala penjara kesulitanmu. Oleh karena kasih karuniaNya, terimalah segala kemenangan Tuhan atasmu dan melaluimu.
Amin
best regard,
GKRHI