Terima kasih kunjunganya di Blog ini, Mari bersama bertumbuh dan semakin dewasa dalam Tuhan Yesus - GBU,..." "

26 November 2008

Pemberdayaan mutlak ada tujuan...

Mat.25:14-30

Isi pembacaan : tentang perumpamaan talenta, 5, 2, dan 1 talenta

Saya mempercayai bahwa Tuhan Yesus benar-benar mengasihi setiap orang, Ia memberikan hidupNya agar semua orang yang mendengar suaraNya boleh mendapat hidupNya yang kekal itu serta menumbuhkan kita sebagai manusia batiniah kuat dan tajam mengenal dengan benar bagaimana menempatkan diri ditengah-tengah masyarakat yang majemuk ini, bukan saja bijak dalam bersikap tapi juga bijak dalam berperan.

Dia, Tuhan kita Yesus itu adalah Sang Firman Hidup yang sangat diperlukan untuk menghidupkan dan menumbuhkan roh kita sehingga rupa Kristus Yesus itu menjadi nyata di dalam dan melalui kita. Kepentingan kita mengenal Dia dengan benar sangat dipengaruhi, bukan hanya proses menerima Sang Firman itu terus datang dan diterima dengan rasa lapar saja namun betapa penting kita menyadari bahwa yang kita dengar itu Roh adanya, sehingga orang yang menerimaNya WAJIB mentahbiskan dirinya untuk mulai setia kepada Tuhan yang ada di dalam hatinya itu. Hati harus dijaga dengan segala kewaspadaan, karena Ia akan berbicara/menuntun dari dalam hati kita untuk MELAKSANAKAN perintahNya. Inilah kepentingan kita yang terutama, yang membuat kita bertumbuh, menjadi kuat, menjadi tajam, menjadi bijak bahkan menjadikan kita memiliki wibawa roh dan otoritasNya.

Dengarkan baik baik nasihat apa yang Ia berikan karena engkau mau menerima Injil Mat.25:14-30 menjadi firman bagi mu,

  • Pengertian yang salah akan membawa anda kepada tindakan yang salah.
Jangan heran Musa ditolak masuk ke tanah perjanjian, karena ia diperintahkan bersikap tenang dan berkata dengan kuasa supaya bukit batu mengeluarkan air. Namun anda tahu bahwa ia justru dengar marah dan pukulan tongkat sebanyak dua kali memerintahkan bukit batu mengeluarkan air.
Jangan heran Yunus disuruh ke Niniweh beritakan suara Tuhan, tapi ia justru berlayar ke Tarsis untuk beritakan suara Tuhan tapi ditengah jalan mengalami badai besar. Jangan heran orang Israel mati di padang gurun padahal dijanjikan dari Mesir akan hidup menikmati hasil tanah Kanaan yang berlimpah susu dan madu.
Janji Tuhan anda sudah dapatkan? anda sedang memelihara dan mengingat-ingat kata-kata profetik yang dahsyat terukir dipikiranmu?
Jika anda salah mengerti seperti Israel menanti-nanti Mesias yang dipikirnya datang sebagai anak raja padahal datang keluarga miskin dan sederhana di Bethlehem, anda bisa menolak apa yang sedang dijanjikan!. Ingat, pikiran harus diselaraskan dengan suaraNya yang di dalam itu!

  • Ingat, yang terpenting adalah apa yang dihasilkan, bukan kasih karunia apa yang diterima.
Yehuda berkata di dalam tulisannya kepada kita, orang fasik itu adalah orang yang menolak Kristus dan orang yang menyalah gunakan kasih karunia. Ini bisa saja memiliki beragam pemberian Ilahi dari Surga, that's fine! tapi, yang menentukan adalah apa yang anda hasilkan dengan semua itu?
Anda dianugrahi iman? Bagus, tapi buat apa iman? Oh, aku mendapat kekayaan sekarang karena iman. Bagus, tapi buat apa kekayaan? Apa yang dihasilkan oleh kekayaan ditangan anda ?, Tuhan mengingatkan saya dengan Yes.5:4,7 ada buah anggur yang asam, kenapa asam? Bukankah benih anggurnya manis?
Jika anda tidak mewujudkan suaraNya yang memerintah dari dalam, tapi anda akan melakukan apa saja atas nama kebaikan dengan dorongan hawa nafsu dan keinginan serta suara orang-orang di sekeliling anda bahkan dunia anda dengarkan dengan menggunakan apa yang anda miliki itu, yang asalnya dari pemberian Tuhan?! Anda sedang menghadapi resiko besar.
Jadilah terang? apa itu terang? , Jadilah garam dunia apa itu garam dunia? Manifestasikan Tuhan yang ada di dalammu melalui kata, sikap dan perbuatanmu.

  • Kapasitas anda sekarang terwujud dari apa yang anda miliki sekarang.
Jika anda memahami Tuhan memberikan janji sesuatu yang besar tapi belum terwujud pula. Anda jangan lupa satu hal ini, yakni Tuhan memberi sesuai dengan kesanggupan anda. Mat.25:15 Jika anda mulai dengar-dengaran melakukan apa yang diperintahkanNya, jangan heran jika anda punya kesanggupan meningkat, yang artinya kapasitas anda jadi bertambah. Daya tampung anda bertambah jika anda kembangkan kemampuan roh anda. Maka siapa tahu membangun manusia rohaninya, memelihara roh yang menyala-nyala dan semakin bernyala sampai besar, maka ia akan melayani Tuhannya pun semakin bertambah.
Tapi orang yang sudah berkapasitas satu talenta emas, telah membuat dirinya pasif . Saudara, hasilkan sesuatu dari dalam rohmu yang dihidupkan olehNya itu, niscaya akan diperbesar oleh Tuhan sendiri!
Jangan berkata, saya tidak punya apa-apa. Anda bisa apa-apa! Saya percaya, ayo dengarkan hati nuranimu.

Jadi, saudaraku dengarlah baik-baik
Tuhan yang menghidupkan engkau, bangkitlah dan deklarasikan firman yang anda dapat. Akuilah sungguh-sungguh firmanNya di dalam hidupmu.
Syukurilah buat semua yang telah diberikanNya kepadamu dan supaya jangan sampai itu diambil, lakukanlah apa yang disebut dorongan hati dengan imanmu, jangan takut.
Kiranya apa yang anda kerjakan, Tuhan membuatmu berhasil, entah anda di kantor ditempat usaha di tempat belajar, atau di bidang apapun lakukanlah dengan segenap hati jangan setengah-setengah hanya karena soal pendapatan/gaji. Do your best karena anda orang yang berdaya guna bagi kemuliaan Tuhan sekarang dan seterusnya.
Biarlah ada kata-kata yang menghidupkan dan menyembuhkan dari buah bibirmu
Biarlah ada perbuatan kasih berupa pemberian dari hasil dorongan hatimu yang membuat orang bukan berhutang budi dan berharap-harap terus kepadamu tapi membuat orang bangkit dan mempercayai pembelaan Tuhan atas hidupnya.
Biarlah ada sikap mengalah, mengampuni, memaklumi yang keluar dari hasil dorongan hatimu yang menandakan engkau itu diatas kuasa-kuasa kebencian. Ooh Glory bagi namaNya
Doaku untukmu


Best regards,

GKRHI